Pengertian Custom ROM dan Porting ROM

Pengertian Custom Rom

Custom rom adalah sebuah rom android yang sudah dimodifikasi, sehingga memiliki kelebihan dibanding rom bawaan pabrik. Karena biasanya, rom bawaan pabrik atau lebih dikenal dengan stock rom, hanya berisi fitur-fitur standar yang sudah dibatasi oleh pabrikan smartphone itu sendiri. Sehinga dengan menggunakan custom rom, kita bisa menghapus batasan tersebut. Misalnya smartphone Dual SIM yang awalnya hanya SIM 1 saja yang mendukung 3G, bisa berubah jadi Dual 3G sehingga kita bisa menggunakan koneksi 3G dengan SIM 2 yang awalnya hanya mendukung sinya EDGE atau GPRS saja. Cukup menarik bukan?
Bagi user yang sudah ahli, membuat custom rom bukanlah hal yang sulit. Namun bagi user pemula termasuk saya, hanya bisa ikut menggunakan custom rom buatan orang lain. Biasanya banyak sekali bertebaran custom rom yang dibagi secara gratis di internet, anda hanya tinggal mencari custom rom yang sesuai dengan merk HH anda. Cara instalasinya juga cukup mudah dengan menggunkan CWM sesuai tutorial yang biasanya juga sudah dijelaskan.

Pengertian Porting Rom

Lalu, bagaimana jika anda tidak menemukan custom rom yang sesuai dengan merk dan tipe HH anda? Jangan risau, anda masih tetap bisa menggunakan custom rom dengan cara porting. Porting? Apa itu? Nah, saya sendiri kurang tahu devinisi pasti dari porting ini. Tapi menurut pengalaman pribadi saya, saya memiliki kesimpulan sederhana. Yaitu.. porting adalah cara mengubah mount point yang berada pada file update script pada custom rom agar cocok dengan mout point HH kita.
Sederhananya begini. Jika smartphone A menggunakan ”kamar 5” sebagai tempat install data dan ”kamar 6” sebagai tempat install system, sedangkan custom rom yang akan kita install menggunakan ”kamar 2” sebagai tempat install data dan ”kamar 4” sebagai tempat install system, maka kita akan melakukan porting dengan mengedit file update script yang dimiliki custom rom, dan mengubah ”kamar 2” dan ”kamar 4” menjadi ”kamar 5” dan ”kamar 6” agar custom rom mampu berjalan di HH kita.

SUMBER : https://www.ponselrusak.com/kegunaan-dan-tujuan-porting-rom/

Comments

Popular posts from this blog

TWRP For Himax M2 MT6580

Tutorial Porting ROM sesama MT6580 Marshmallow